Setiap muslimah memiliki kewajiban untuk berhijab, menutup auratnya. Bahkan hijab sendiri bukan saja untuk menutup aurat atau menjalankan salah satu perintah dari Allah SWT tetapi juga dapat menghindarkan seorang muslimah dari dampak-dampak negatif. Hijab berkembang dari masa ke masa, sesuai dengan mode dan modelnya. Bahkan beberapa penyair sampai membuat syair tentang hijab yang ditulis oleh penyair dari Arab di zaman Jahiliah :

Sajak Zubair bin Salma (yang menceritakan keluarga Al-Husain) : “Aku tidak tahu dan aku mesti akan tahu, Apakah aku sedang berdiri di depan keluarga Husain atau dihadapan para wanita, Bila dikatakan para wanita yang bersembunyi, Maka benarlah bahwa wanita yang melindungi dirinya mendapat kehormatan”.

Sajak Taufail bin Auf-Ghanawi: “Dengan menutup muka tidak akan mengurangi kehormatannya kemuliaannya tetap terjaga, dan kecantikannya dapat dinikmati bila telah tiba saatnya”.

Hijab sendiri tertulis dalam QS. Al-Ahzab (33): (36) yang berbunyi:


وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ ۗ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُبِينًا

Artinya: “Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mu’min dan tidak (pula) bagi perempuan yang mu’min, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan sesuatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata. Hijab sendiri memiliki hubungan dengan ayah, di antara banyak hadits yang menjelaskan tentang hijab dimata muslimah, ada dua hal yang dapat menjelaskan hubungan hijab dengan Ayah, yaitu hadits Rasulullah SAW yang artinya “Ingatlah, tiap-tiap kalian adalah pemimpin, dan setiap orang dari kalian akan ditanyai tentang yang dipimpinnya” (HR. Bukhari dan Muslim). Mengapa hadits tersebut kaitannya antara Ayah dengan Hijab? Setiap pemimpin harus bertanggung jawab atas anggotanya dalam hal ini seorang Ayah adalah pemimpin, seorang pemimpin di keluarga yaitu kepala keluarga. Seorang pemimpin di keluarga harus bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi di keluarganya, baik tentang pemahaman keislaman dan pemahaman tentang hijab sedari kecil.

Patut untuk direnungkan bukan, muslimah? Hijab bukan sekedar trend tetapi hijab adalah tentang ketaatan kita, tentang keimanan kita dan hijab adalah tentang kita yang taat dan menjalankan perintah dari Allah SWT.

Hijab
Ditag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *