Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Rekan – rekanku, kita sama-sama mengerti bahwa dalam menghadapi dan menjalani kehidupan kita akan menghadapi proses yang amat panjang. Tentu kita tidak dapat hidup di dalam pangkuan tangan kita sendiri, hal yang paling utama dan yang paling terdekat dengan kita yaitu orangtua kita, Ayah dan Ibu. Orangtua kita salah satu penyebab keberadaan kita hari ini, keberadaan fisik, akal dan naluri pemikiran yang kita punya. Sudah sepatutnya kita bersyukur dengan anugerah yang telah diberikan Allah kepada kita. Namun apa? Masih banyak hal yang kita lakukan seperti melukai hati dan perasaan orangtua kita, entah dalam wujud apapun itu.

Yang perlu kita ingat bahwa:
Ibu, mengandung kita di dalam perutnya selama 9 bulan 10 hari tanpa pernah mengeluh, mencintai dengan ikhlas, rela mengorbankan seluruh jiwa dan raga untuk sang anak tercinta
Ayah, sebenarnya tak sanggup membalas jasamu hanya menyampaikan dengan kata – kata atau bahkan dengan setetes tinta di atas kertas putih. Pengorbanan yang nyata hingga tak pernah memikirkan kata letih dalam mencari nafkah, panas, hujan tak dihiraukan demi memberi makan keluarga dan banting tulang mencari sepeser rupiah.
Masihkah kita tega menyakiti atau mungkin mengkhianati hati kedua orangtua kita? Sesungguhnya Allah pun telah memerintahkan kepadamu agar berbakti dan tidak durhaka pada orangtuamu. Sebagaimana surat Al-Isra (17): (23) menjelaskan:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepada manusia janganlah ia beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut di sisimu maka janganlah katakan kepada keduanya ‘ah’ dan janganlah kamu membentak keduanya”

Oleh karena itu, mari rekan-rekan semua kita berbakti kepada orangtua kita, sayangi mereka walaupun kita tidak akan pernah bisa membalas apa yang telah orangtua kita lakukan. Setidaknya jangan sampai kita menggoreskan hati kedua orangtua kita dengan perbuatan atau tindakan kita sendiri.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pesan Untuk Mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *